Panitera dan Sekretaris PA Situbondo Lakukan Koordinasi Sidang Terpadu
Senin, 23 Oktober 2023 bertempat Kantor Kecamatan Besuki, telah dilaksanakan rapat koordinasi terkait Sidang Isbat Terpadu yang rencananya akan diadakan di Kecamatan Besuki akhir Bulan Oktober ini. Rapat dihadiri oleh Panitera dan Sekretaris serta Kasubag Kepegawaian Pengadilan Agama Situbondo, PCNU Cabang Situbondo dan pegawai Kecamatan Besuki. Camat Besuki menyambut kunjungan rapat koordinasi serta sangat antusias menyambut rencana kegiatan ini.
Panitera Pengadilan Agama Situbondo, Bapak H. Khadimul Huda, S.H., M.H. menjelaskan bahwa Pelaksanaan sidang terpadu ini untuk membantu masyarakat untuk mengurus menerbitkan buku nikah yang pernikahannya belum tercatat di KUA setempat. Selanjutnya, pelaksanaan sidang terpadu ini juga berkoordinasi juga dengan Disdukcapil Kabupaten Situbondo yang tujuannya tidak lain untuk menerbitkan produk hukum seperti Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk. Dalam kesempatan tersebut, beliau juga meminta pihak Kecamatan Besuki untuk menyediakan sarana dan prasana serta mengimbau agar masyarakat penerima manfaat layanan terpadu ini bisa tertib demi lancarnya pelaksanaan sidang.
Beliau juga menuturkan kegiatan ini merupakan implementasi dari Perma No. 1 tahun 2015 tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri/Pengadilan Agama dalam rangka penerbitan Akta Perkawinan, Buku Nikah, dan Akta Kelahiran. Bahwa untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat miskin dalam memperoleh Akta Perkawinan, Buku Nikah, dan Akta Kelahiran. Selain itu untuk mempermudah masyarakat dalam menghadapi hambatan biaya, jarak, dan waktu.
Dalam rapat tersebut juga dibahas beberapa persiapan yang harus dilaksanakan sebelum melaksanakan Sidang Terpadu Isbat Nikah seperti melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Kantor Urusan Agama setempat. Dibahas juga tentang bagaimana untuk mekanisme sidang terpadu dan juga team yang akan ikut serta dalam sidang tersebut. Dengan semakin mendekatnya hari pelaksanaan kegiatan tersebut, maka diharapkan dengan koordinasi ini semakin memantapkan pelaksanaan kegiatan agar berjalan dengan lancar.